In Altcoin

Yang Tercecer Tentang Ethereum


Tentang Ethereum Yang Mungkin Kita Tidak Tau
Apa sih keistimewaan tentang Ethereum ? 
Kenapa Ethereum menjadi perhatian umum ?
Bagaimana prospek Ethereum kedepannya ?

Target awal pasar Ethereum ialah sedikit berbeda dengan Coin Digital lainnya karna 99% orang yang menggunakan Ethereum ialah para developer dan programmer. Alasannya sederhana, karena mereka mereka ini sangat mencintai teknologi baru dan Ethereum ialah apa yang mereka harapkan selama ini.  Hanya di Ethereum dimana programmer menengah ke bawah dapat membangun sesebuah aplikasi desentralisasi (Dapps) dan mempunyai akses penuh pada sekuritas protokolnya.


Keunikan Ethereum :
  1. Transaksi pada Ethereum lebih cepat karna ia menerapkan Protokol Ghost. Waktu setiap block hanya mengambil waktu 12 detik dimana ia lebih cepat dari BitCoin yang memerlukan 10 menit.
  2. Model Ekonomi Ethereum berbeda dengan BitCoin dimana BitCoin akan membagi dua penghasilan block rewardnya setiap tahun sedangkan Ethereum merilis jumlah Ether yang sama pada setiap tahun
  3. Ethereum mempunyai metode yang berbeda beda dalam menghitung kos transaksi tergantung pada kompleksiti komputarisasi, penggunaan bandwidth dan storage yang diperlukan. Dalam istilah Ethereum, ia dinamakan GAS.
  4. Ethereum dilengkapi dengsan kode internal turingnya yang komplit. Sebuah kode turing yang komplit artinya ialah jika diberikan tenaga komputer yang cukup dan waktu yang memadai... apapun itu dapat dikalkulasikan. Ini ialah sebuah bentuk fleksibilitasnya Ethereum
  5. Ethereum ini didanai secara publik (Crowdfunding) cukup berbeda dengan BitCoin dimana hampir kesemua koin BTC dimiliki oleh para penambang yang diawalnya saja.
  6. Ethereum memanfaatkan kekuatan memori hard harshing algoritma yang dikenal sebagai Ethash yang meringankan penggunaan ASICS dan mendukung penambangan desentralisasi oleh setiap individu menggunakan GPU mereka.




Ethereum tidak berfungsi seperti BitCoin atau mungkin Coin Alternatif lainnya yang dirancang untuk menunjukkan nilai sesebuah mata uang yang dipergunakan sebagai transaksi finansial. Sebaliknya Ethereum ialah sebuah "Token" yang wajib dibutuhkan oleh para developer untuk mengoperasikan software/ sistem teknologi mereka dalam Platform Ethereum;seumpamanya sebuah kereta/ mobil yang memerlukan bensin untuk berjalan.


Komunitas Ethereum, terdiri dari sekumpulan para Founder yang membangun Ethereum dari dasar, dimana salah satu Founder Ethereum ialah Vitalik Buretin, seorang programmer, penulis, co-founder BitCoin Magazine dan pernah memenangkan Award Teknologi Sedunia. Dengan adanya founder/pencipta/developer yang bekerja secara dekat dengan komunitasnya, ini menunjukkan bahwa Ethereum ialah sebuah sistem teknologi yang jelas, dimana ia tidak seperti BitCoin yang tidak ada satu orang pun mengenal siapa Satoshi Nakamoto (pencipta Bitcoin) yang sebenarnya.



Ethereum mempunyai 4 urutan timeline proses launchingnya, dimulai dari:
  1. Frontier: Sebuah panggung awal yang menitik beratkan keluhan dan perhatian penggunanya
  2. Homestead: Sebuah network yang jauh lebih stabil dimana ia tidak lagi dianggap "beta" (fase percobaan)
  3. Metropolis: Mempresentasikan sebuah software bersahabat (user friendly) dengan ekosistem yang beragam termasuk Dapp Browser (Mist) dan tools seperti Mix the IDE
  4. Serenity: Sebuah proses transisi kepada protokol yang lebih signifikan dan upgrade skalabilitas menuju "Industri-yang-siap-pakai"

Pada tanggal 15 Maret 2016, Ethereum sudah merilis Homestead pada softwarenya secara resminya, sejak dirilisnya Frontier pada bulan July 2015 yang lalu. Dengan launchingnya Homestead ini, Eth akan berkembang dan menunjukkan keunggulannya pada sisi network dan stabilitas. Moment berharga ini diselebrasikan secara online pada Google Hangout yang dihostkan oleh komunitas Ethereum itu sendiri skitar pada jam 18:50 UTC



Terkadang yang membuat kita terheran heran ialah permintaan Ether yang semakin meningkat dari hari ke hari yang menyebabkan harganya kian melonjak, meskipun sudah dijelaskan pada postingan diatas bahwa tujuan utama Ethereum dibentuk bukan sebagai nilai mata uang.


Related Articles

{